Jumat, 01 Januari 2010

SEJARAH KEHIDUPAN

Para ilmuwan masih mencoba untuk mengungkap salah satu misteri terbesar bumi yaitu kapan awal mula kehidupan dan bagaimana hal itu bisa terjadi. Diperkirakan bahwa bentuk kehidupan pertama dibumi adalah makhluk bersel satu yang muncul sekitar 3,5 milyar tahun yang lalu dan mereka mulai berevolusi menjadi multiseluler setelah 2 milyar tahun kemudian. Banyak dari mereka hidup di lautan dan beberapa mulai merangkak pindah ke darat mungkin untuk menghindari predator. Hal ini membuat perbedaan bentuk kehidupan terjadi di seluruh planet ini.

Terjadinya kepunahan masal tak dapat dijelaskan dan ini menjadi yang pertama dari
beberapa kepunahan yang terjadi di bumi. Para ilmuwan memperkirakan bahwa hal itu terjadi saat meningkatnya jumlah tabrakan bintang neutron yang dekat dengan bumi sehingga terjadi bencana di permukaan bumi. Namun setiap terjadi kepunahan masal, kehidupan menemukan cara untuk kembali. kehidupan telah teguh berpegang pada planet biru ini selama 3 milyar tahun. Ilmuwan menemukan petunjuk baru tentang kehidupan di bumi pertama kali ditempat yang menarik yaitu laut dalam.

Ilmuwan mempelajari batu menggunakan metode penanggalan radiometrik, yang menarik adalah dari bebatuan itu kita diberitahu tentang bentuk kehidupan masa lalu yaitu dari fosil pada bebatuan tersebut. Dari bebatuan itu terungkap fosil sebuah cakar dan gigi raksasa, nenek moyang dari spesies modern seperti ikan hiu yang hampir tidak berubah bentuknya selama jutaan tahun, lingkungan yang rimbun dengan tanaman hutan semuanya menunjukan keragaman kehidupan dan spesies yang terus mengisi bumi bahkan saat peristiwa dalam menghadapi masa kepunahan masal.

Dengan mempelajari fosil ilmuwan telah menentukan bahwa bumi mangalami iklim yang sangat berbeda dimasa lalu. Bahkan secara kondisi klimaks dan spesies yang ada digunakan untuk menentukan jangka waktu geologi yang berbeda dalam sejarah bumi. Sebagai contoh secara periodik pemanasan bumi (selama periodik jurassic dan cretaceous) terjadinya membentuk tumbuhan dan hewan yang meninggalkan bahan organik dari pembusukan. Lapisan bahan organik terbangun selama jutaan tahun dan tidak terganggu, mereka tertutup, terlapisi endapan dan tertekan sehingga menjadi bahan bakar fosil seperti batu bara, gas alam dan minyak bumi.

Iklim bumi juga mengalami masa yang sangat dingin dengan masa yang lama sehingga banyak permukaan tertutup lembaran es. Periode ini disebut zaman es. Seluruh spesies iklim hangat mati pada periode tersebut dan muncul spesies baru yang dapat mentolelir dan bertahan hidup dalam iklim sangat dingi itu. Percaya atau tidak manusia ada sekitar zaman es akhir, woolly mammoth yang tidak jauh berbeda dengan gajah modern juga ada. Baru-baru ini ditemukan jaringan manusia yang membeku di pegunungan tinggi perancis yang diperkirakan hidup pada zaman es.

Ahli arkeologi telah membagi zaman prasejarah hingga sekarang menjadi beberapa bagian, antara lain :
  1. Masa Arkeozoikum (4,5-2,5 milyar tahun yang lalu)
  2. Masa Proterozoikum (2,5 milyar-290juta tahun yang lalu)
  3. Kambrium (5900-500 juta tahun yang lalu)
  4. Ordovisium (500-440 juta tahun yang lalu)
  5. Silur (440-410 juta tahun yang lalu)
  6. Devon (410-360 juta tahun yang lalu)
  7. Karbon (360-290 juta tahun yang lalu)
  8. Perm (290-250 juta tahun yang lalu)
  9. Trias (250-210 juta tahun yang lalu)
  10. Jurassic (210-140 juta tahun yang lalu)
  11. Kapur (140-65 juta tahun yang lalu)
  12. Tersier (65-1,7 juta tahun yang lalu)
  13. Kuarter (1,7 juta tahu yang lalu sampai sekarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan kata-kata sopan dan tidak melanggar SARA