Sabtu, 09 Januari 2010

SEJARAH PERSAUDARAAN SETIA HATI TUNAS MUDA WINONGO MADIUN

Sejarah persaudaraan "Setia-Hati" disingkat S-H berawal pada tahun 1903 yaitu dengan didirikanya persaudaraan SEDULUR TUNGGAL KECER dikampung Tambak Gringsing-Surabaya oleh almarhum Bpk Ki Ngabehi Soerodwirjo dengan nama kecilnya Masdan. Saat itu nama permainan seni pencak silatnya adalah JOYO GENDILO dan hanya dengan 8 murid didahului oleh 2 saudara yaitu Noto/ Gunadi (adik kandung Ki Ngabehi Soerodwirjo) dan Kenevel Belanda. Pada tahun 1915 nama permainan seni pencak silatnya berubah menjadi JOYO GENDILO CIPTO MULYO. Organisasi itu mendapat hati di kalangan masyarakat pada tahun 1917 setelah melakukan demonstrasi pencak silat terbuka di alun2 kota Madiun dan menjadi populer di masyarakat karena memiliki gerakan unik penuh seni dan bertenaga. Pada tahun 1917 inilah oleh Ki Ngabehi Soerodwirjo diganti nama menjadi PERSAUDARAAN SETIA HATI.

Ki Ngabehi Soerodwirjo wafat pada tanggal 10 Nov 1944, dimakamkan di makam desa Winongo,Madiun. Ibu Soerodwirjo (ibu Surijati) wafat pada tanggal 6 April !969 di makamkan di Winongo juga.

Tujuan/ sasaran SH yang ditempuh adalah : Bela negara, mengolah raga dan batin untuk mencapai keluhuran budi guna mendapatkan kesempurnaan hidup, kebahagiaan dan kesejahteraan lahir dan batin di dunia dan akhirat, dengan jalan mengajarkan SILAT (Pencak Silat) sebagai olahraga atas dasar jiwa yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat pula, yaitu dengan meninggalkan semua yang menjadi larangan Allah dan melaksanakan semua perintah-perintahNya (MENS SANA IN CORPORE SANO-AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR). SH mengenal falsafah kesosialan tanpa batas dari hindu yang berbunyi TAT TWAM ASI (ia adalah kamu) serta falsafah Jawa KEMBANG TEPUS KAKI (yen dijiwit kroso loro ojo njiwit liyan/ kalau dicubit terasa sakit jangan mencubit orang lain).

Jelaslah bahwa ajaran ini ajaran yang mulia edi peni dan adi luhung. Oleh karena itu tidak mengherankan bagi kita bahwa segala bangsa dan semua agama dapat menerimanya, khususnya bangsa Indonesia.

Sejak tahun 1964, SH mengalami kemunduran, tidak begitu aktif, hal ini tidak lain disebabkan keadaan juga, sebagian besar saudara2 SH sudah banyak yg lanjut usia, ditambah lagi dengan semakin kurangnya penerimaan saudara baru. Banyak saudara SH yang sudah sepuh satu persatu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara SH dapat dikatakan hampir tidak ada. Kalau keadaan yg demikian dibiarkan terus-menerus maka SH lambat laun akan mengalami kepunahan.

Untuk menghindari hal tersebut serta untuk melestarikan ajaran yang edi peni dan adi luhung tersebut, maka pd tanggal 15 Oktaber 1965 bapak Soewarno merasa terpanggil untuk bergerak (mengaktifier) kegiatan2 SH dengan serentak. Gerakan ini mendapat perhatian yang besar dari para pemuda dan dukungan yang kuat dari masyarakat, yang akhirnya berdaya guna untuk membantu HANKAM serta ikut Memayu Hayuning Bawono, membantu negara/ pemerintah dalam bidang ketertiban dan keamanan.

Dengan meningkatkan latihan jasmani (pencak) dan latihan rohani (iman dan takwa kepada Allah), maka dapat diharapkan pemuda kita sebagai generasi penerus akan menjadi kader bangsa yang militan yang sangat berguna bagi kepentingan bangsa dan negara.

Kepada para Tunas Muda "SH" diajarkan pelajaran pencak silat yang berasal dari para pendekar terkenal (sembilan orang pendekar) dan yang terakhir dari bapak Ki Ngabehi Soerodwirjo, saudara tertua dalam Persaudaraan "Setia Hati" Winongo. Dengan metode ini maka seluruh pelajaran dengan mudah diserap oleh para Tunas-Tunas Muda yang dapat berhasil dengan sukses.

Dalam penerimaan SH Tunas Muda harus dilakukan pengesahan terlebih, dengan di sahkan seseorang akan resmi menjadi warga. Karena ilmu-ilmu SH hanya boleh diketahui oleh warganya dan dilarang mengajarkanya kepada yang bukan warga. Untuk pelajaran tingkat lanjut baik itu akan diikuti atau tidak oleh seorang warga, itu merupakan kesadaran dari warga tersebut karena dalam SH tidak ada paksaan.

Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo selain di Madiun tidak pernah membuka perguruanya dimanapun seperti perguruan silat yang lain, jika ada itu hanyalah sebagai tempat berlatih dan silaturahmi saja. Seluruh saudara baru Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo baik dari Madiun, luar Madiun bahkan Mancanegara untuk menjadi saudara harus datang dan diKECER di Madiun, Jawa Timur. Hal ini untuk menjaga kemurnian aliran S-H mereka
dan itulah yang menjadikan ikatan persaudaraan dalam perguruan ini sangat indah.

47 komentar:

  1. dulu saya tinggal di ponorogo dan sudah di kecer di winongo madiun, sebelumnya saya kira ini adalah perkumpulan orang2 nakal tapi setelah masuk saya baru tahu ternyata Tunas Muda Winongo/ Stk adalah perguruan SH dengan ajaran tasawuf tingkat tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus mas STK tu ajran islam


      by ;ARWINTAP

      Hapus
  2. dulu saya adlah warga dari keluarga persilatan ki ageng pandan alas .sampai berthn2 melatih temen2 sampai akhirnya disyahkan menjadi warga.tetapi dlam hati kecil saya seperti ada yg terusik.dlm hati saya sangat penasaran dengan SH WINONGO.disamping dgn pencak dan ajaranya,kebetulan dari paman sampai pak dhe saya adlah orang SH WINONgo,akhirnya sy masuk SH WINONGO.sekarang sy jd paham kalau ajaran di SH WINONGO mengandung ajaran yang mulia..jaya tuk SH WINONGO.

    BalasHapus
  3. Saya warga SH winongo tahun 1990, dari perjalanan hidup saya baik dalam berinteraksi dengan masyarakat maupun dengan rekan rekan kerja maupun orang lain saya rasakan sekali bahwa semua ajaran dari SH winongo sangat berguna dalam kehidupan saya. Saya jadi bisa mengendalikan diri, tidak arogan dan bisa diterima semua pihak serta percaya diri, salut ajaran sh winongo

    BalasHapus
  4. sukses tuk ilmu" asli indonesia raya

    BalasHapus
  5. sh winongo di kabupaten banyuwangi apa ada?

    BalasHapus
  6. saya adalah warga ki ageng pandan alas.salam pesaudaraan dari kami.semua perguruan silat mengajarkan tentang kebaikan,tapi banyak disalah artikan oleh para anggotanya sehingga terjadi kerusuhan antar perguruan silat.mari kita jalin tali silaturrahim yang erat dan menciptakan perdamaian antar perguruan silat di tanah air kita tercinta
    salam hormat dari kami
    "keluarga Persilatan ki Ageng Pandan Alas'

    BalasHapus
  7. Umur saya 34 asal mojokerto,Kalau ingin bergabung dengan SH Winongo bagaimana caranya ? Apa Syaratnya ? Berapa Biayanya ? dan berapa lama latihanya ? terima kasih, saya tunggu Informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya coba silaturahmi dengan saudara" SH Winongo di daerah anda, klo blm tahu cari tahu dulu, bukan karena apa" dengan mencari tahu dimana keberadaan saudara tua SHW anda akan memahami arti terpenting dari Persaudaraan Setia Hati Winongo. Salam

      Hapus
  8. salam EKS ashwin marilah kita tinggikan derajat SH WINONGO semoga SH WINONGO MADIUN tetap jaya selamanya terima kasih kepada para pengasuh di PADEPOKAN & semoga pendiri SH WINONGO MADIUN ALM.Ki NGABEHI SOERO DWIRJO smoga amal ibadahnya dterima dsisi TUHAN YME.amiien slsm ASHWIN PONOROGO

    BalasHapus
  9. CAH SH WINONGO7 Desember 2011 22.32

    Saya Warga SH WINONGO masuk tahun 2005, "SH WINONGO" bagi saya adalah warisan seni budaya pencak silat dari MADIUN yang tidak hanya berorientasi pada seni pencak silatnya dan menjadikan pendekar yg jagoan yang terkenal dan ditakuti banyak orang. Akan tetapi kita harus tolong menolong, hormat pada yang lebih tua dan mengahargai pada yg lebih muda. Dan ternyata nilai filosofinya begitu sangat, sangat dan sangat tinggi jika lebih diperdalami. Berlandaskan dari ajaran Islam yang sebagaimana kita harus ber-"Amar Ma'ruf Nahi Munkar" atau "Berbuat Kebajikan Mencegah Kemunkaran". And anymore...

    Memang di sana sini banyak media yang mengabarkan "kerusuhan, bentrok, geger, drop2an", dan itu memunculkan sebuah image dan pandangan masyarakat luar menjadi negatif, padahal esensi yang ada di dalam ajaran SH WINONGO adalah sangat mulia dan jauh sekali dari nilai-nilai arogan seperti itu. Semoga mereka oknum yang kurang menyadari akan cepat tersadarkan diri bahwa dengan mengedepankan hawa nafsu dan emosi semata sangatlah tidak baik.
    Salam EKS untuk seluruh Saudara di Seluruh Nusantara dan Penjuru Dunia (Saudara Belanda, Saudara Timor Leste, Saudara Jepang, etc).

    Dan untuk para kawula muda, mari kita jaga warisan seni budaya ini khususnya "Cah Mediun" dengan ikut andil dan tanpa membuat kegaduhan.

    BalasHapus
  10. ASSALAMU ALAIKUM............ SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA

    SAYA WARGA SH TERATE CABANG JAYAPURA, , , ,
    Semua ajaran leluhur kita pastinya mengajarkan hal yang baik dalam kehidupan kita, cuma dari kita sendiri saja bagaimana mengamalkan, kita berasal dari satu pendiri, toh sesama saudara kenapa sering terjadi konflik, mari kita perbaiki sama-sama, begitu indah dan tentramnya Indonesia khususnya MADIUN jika semua para pendekar bahu membahu dan saling melindungi, salam persaudaraan selalu, , , , ,

    BalasHapus
  11. Saya oasli madiun, tp saya bukan anggota dari salah satu perguruan pencaksilat, namun terus terang saya pengagum PSH tunas muda WINONGO. karna menurut perhatian saya pribadi: 90% dari anggota PSHWinongo nggak banyak tinggkah,

    BalasHapus
  12. Salam Persaudaraan&SalaM Damai

    Saya Warga PshTerate dari Blora

    Tujuan Sh Selain Mendidik Manusia Agar Berbudi pekerti Luhur Juga ikut serta memayungi hayuning Bawono,tpi Banyak yang Belum Tau maksud dan tujuan Memayuhayuning Bawono sendiri,makanya Banyak sana sini yang sering konflik,Untuk mencapai Memayuhayuning bawono sendiri melalui beberapa tahap diantara Lain dari diri kita sendiri Pshterate Jaya

    BalasHapus
  13. saya belum lama kecer di madiun untuk mendalami dan ingin mendalami ajaran" winongo, ternyata saya sangan kagum dengan pengalaman saya mengikuti [encak silat Tunas Muda WINONGO. dengan ajaran agama islam yang sangat kental. trimakasih atas pelajaran yg sya terima selama ini.

    BalasHapus
  14. saya warga stk tahun 2007 saya bangga nama pencak silat ku SH WINONGO bisa di cap warga dengan baik melatih ku dsiplin dan gerakan gerakan sangat unik dan ajaran islam sangat kuat kami warga ponorogo banthengan SH WINONGO jaya terus

    BalasHapus
  15. saya warga SH Winongo thun 2010 saya sangat bangga menjadi warga SH WINONGO karena saya bisa memahami ajaran islam, dan bisa menbedakan mana yang benar dan mana yang salah,dan berbudi luhur. semoga pendiri SH WINONGO bpk.khi ngabehi soero dwiryo amal dan ibadahnya diterima allah swt. ammiinnn........
    jayalah SH WINONGO MADIUN.

    BalasHapus
  16. saya warga setia hati terte,tetepi saya mengakui setia hati winingo adalah saudara tua saya,
    semoga sh terte dan winongo selalu damai,amin

    BalasHapus
  17. Pendekar PSHW Madiun4 September 2012 11.00

    Salam,
    Sekedar menambahkan informasi bahwasanya dalam pembentukan IPSI untuk kali pertamanya diadakan oleh 10 Perguruan Pencak Silat. Dan 5 diantaranya berasal dari Madiun. Ini semakin menguatkan bahwa Kota Madiun adalah "Kota Pendekar".
    Dan ini sangat menarik untuk bisa kita bina bersama guna menjaga karya kebudayaan leluhur pada zaman dahulu.
    Rasullullah SAW pun menganjurkan kita semua umat Muslim untuk saling menjaga silaturahim. Sebenarnya kerusuhan yang terjadi adalah banyaknya oknum2 (anak usia puberitas kebanyakn) yang tidak bertanggungjawab yang hanya ingin memprovokasi saja dan itu semua tanpa didukung dengan pengetahuan & moral, termasuk akhlak yang mulia dan bernilai Islam. Maka senantiasa selain diisi dengan kegiatan fisik/lahir HARUS diisi juga dengan nilai-nilai kerohanian/keagamaan.
    Sesuai dengan Firman Allah Surat Adz Dzaariyaat ayat 56:
    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
    wamaa khalaqtu ljinna wal-insa illaa liya'buduun
    Artinya:
    [51:56] Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
    [51:56] And I have not created the jinn and the men except that they should serve Me.
    Dari penggalan Ayat Surat Al Qur’an di atas jelas bahwa manusia dan jin diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata’ala tidak lain melainkan untuk mengabdi, menyembah atau beribadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala.
    Kandungan Surat Adz Dzaariyaat ayat 1-60:
    Surat Adz Dzaariyaat menerangkan hal-hal yang berhubungan dengan penegasan adanya hari berbangkit, balasan yang diterima orang mukmin dan kafir di akhirat. Kemudian dikemukakan kisah beberapa orang nabi dan kaumnya sebagai bujukan kepada Nabi Muhammad SAW agar jangan bersedih hati terhadap sikap kaumnya yang keras kepala dan selalu mendustakannya. (sumber: alquran-digital.com).

    Wassalamualikum Wr. Wb.
    Fastabiqul Qoirot (berlomba-lombalah dalam kebaikan)...

    BalasHapus
  18. Sebetulnya tak ada yang salah dengan ajaran SH tapi kenapa banyak terjadi bentrok antara SHW dan PSHT, hal ini harusnya menjadi pertanyaan jika merasa menjadi SH-wan, janganlah dendam pribadi dijadikan dendam perguruan. Marilah kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME lalu kita Memayu Hayuning Bawono, itulah seorang SH yang benar-benar SH

    BalasHapus
  19. assalamualaikum Wr.Wb , salam E.K.S ,saya sedulur dari S.H WINONGO RANTING DOLOPO MADIUN ,kenapa sh selalu bertengkar ?,,,, kita pikir aja kita di ajarkan "ojo sok jiwit marang liyan" Tapi kenyataannya kita selalu di musuhi dulu bukan S.H WINONGO aja yang di musuhi hampir semua perguruan semua dimusuhi sh terate ,Contoh aja waktu S.H terate konvoi S.H WINONGO ga pernah bikin ulah tapi kalau kita saudara S.H WINONGO yang ada acara pasti di recokin(di ruwet),bukan itu aja hampir semua warga kena dampaknya pada tahun 2008 waktu itu S.H TERATE ada acara pengesahan (sah-sahan Suro) dan saya di madiun bersama CLUB MOTOR CEMACUB MADIUN rekan2 dari cemacub helm di taruh di motor ga tau kenapa dari S.H TERATE tau2 turun mengambil semua helm yang ada di atas motor saya bukan mengada2 juga menjelekan sebab kejadian ini memang di depan mata saya dan rekan2 CEMACUB.


    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah 3 perguruan yang saya masuki. Pertama.kera sakti,kedua pandan alas,ke tiga sh winongo,tp cuma 1 yg no1 yaitu sh terate.
      Orang di masjid tu ratusan.tp diamwtaranya ada yg maling,pemerkosa dan pe mimum.sebenarnya islam g memwgajarkan ittu,
      perlu d ketahui.bhwa sh terate juga ddmwikiamw.damw sh terate rajanya ilmu d segala perguruan.
      Dijuluki raja duel.

      Hapus
    2. Itu artinya sampeyan dah masuk 4 perguruan, dan terakhir SH terate...
      Anda memberi contoh orang di mesjid itu jelas ngawur dan asal ngomong. Cobalah dinalar pake logika sedikit : berapa banyak maling yg rajin shalat ke mesjid, tentu tidak ada, yg ada maling sedang beroperasi di mesjid. Berapa banyak pemerkosa yg rajin shalat di mesjid ? berapa banyak peminum/pemabuk yg shalat di mesjid ? Semua yg anda sebutkan itu nongkrongnya di terminal, pelacuran, klub malam dan warung remang2.
      Pertanyaanya berapa banyak siswa/warga SH yg menjadi preman terminal, pengunjung tetap pelacuran dan warung remang2. Inilah yg membuat onar di dlm SH. Kalo sebelum masuk SH mereka ini santri, dg ajaran SH pasti akan semakin baik, repotnya yg masuk SH ini preman/ bajingan, sulit untuk mengubah menjadi orang alim. Dan ini kenyataannya. Dan lebih repot lagi jika bajingan ini kemudian menjadi warga senior....ya spt sekarang ini. Dia akan memprovokasi anak asuhnya...untuk menjadi preman/ bajingan. Jauh dari falsafah NGLURUG TANPO BOLO, MENANG TANPO NGASORAKE...
      Kalo soal keilmuan silat, diatas langit masih ada langit.


      Hapus
  20. ane pikir kalo elu2 pergi merantau ke jakarte pasti elu2 pade bukan lagi ributin tarian gemulai pencak silat. tapi gimana elu2 kagak kelaparan dijakarte.lagian sehebat apapun elu di daerah akan dibantai klo elu banyak gaye dijakarte.jangan ngaku jagoan klo hanya brani betingkeh di daerah lu.udah banyak ane liat anak2 yg ngaku pendekar padepokan silat mlempem klo dah tiba jakarte.DI JAKARTE BUKAN "BANYAKNYA SEDULUR" yg diandelin, TAPI gimana elu bisa bawa diri.( anak tanjung priok )

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANDA BISA BILANG BEGITU KRN ANDA BUKAN ORANG MADIUN..
      JIKA ANDA ORANG MADIUN DN HIDUP DI MADIUN, MAKA AKAN MENGERTI KENAPA KAMI BEGINI...

      Hapus
    2. madiun panas dan lowongan kerjaan jarang bro..dijakarta bangun tidur keluar gandk dah bisa dpt uang...parkirin tuh mobil..neh realita bung. aku asli madiun skrang dah hijrah ke jakarta...dulu fanatik ma pencak silat pas dimadiun, skrang fanatik cari duit buat bini muda..hehehehehe

      Hapus
    3. hidup u/ mempersiapkan mati tp jo lali golek duwet.ojo di balek. belajar ajaran persilatan salah satu contoh persiapannya..
      sigar penjalin

      Hapus
  21. Mau nanya mas apakah di Tangerang ada Cabang SH Winongo ini ? Jika ada mohon petunjuk tempat latihan dan kontak personnya. Meski saya sudah cukup tua namun saya ingin jurus2 SH ini saya pergunakan sebagai sarana memelihara kesehatan saya. Tks.

    BalasHapus
  22. kalau menurut saya entah Sh winongo atau terate, yang diajarkan oleh keduanya tentulah baik . itu semua terganrung dari individu/. keduanya sama juga memakai kata PERSAUDARAAN ,jadi kenapa kita para warga saling berantem . menurut saya itu adalah justru mencemarkan Kedua SH itu ,,, jadi Buktikanlah kita itu bersaudara . jangan mencemarkan nama PERSAUDARAAN yang kita pakai.
    kenapa harus ribut ,, sudah bukan waktunya,
    Salam Persaudaraan

    BalasHapus
  23. saya juni prasetyo. warga SETIA HATI TERATE.. tunjukan dengan benar sejarah berdirinya SHW... saya merasa kurang jelas.. setau saya pak warno di kecer di panti tahun 1960. sebelum di kecer berati pak warno belum menjati anggota SH panti. terus 1903 itu dapatnya dari mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. perubahan nama SH yg didirikan oleh eyang suro menjadi PSH Tunas Muda Winongo (sering disingkat SH Winongo) mirip sekali dgn perubahan nama PSHT (dr PSC menjadi PSHT).
      Perlu diketahui oleh kadang SH Terate bahwa Bpk RDH Suwarno BUKANLAH pendiri SH Tunas Muda Winongo, melainkan hanya sbg PENGASUH SH Tunas Muda Winongo, Bpk RDH Suwarno adalah seorang pelayan setia yg bersama2 dgn bpk KOESNI (Sesepuh SH PANTI) mengabdi pada Eyang Suro dr thn1939 hingga eyang Suro meninggal dunia, semasa hidupnya eyang Suro berpesan agar kelak ia meneruskan SH, Namun hingga eyang Suro meninggal dunia mereka belum dikecer dan akhirnya dikecer oleh murid Eyang Suro bernama Hadi Soebroto.
      Setelah berjalan beberapa tahun sepeninggalnya eyang Suro SH mengalami kemunduran tak terdengar gaungnya dan kegiatanya vakum sama sekali, melihat kondisi ini maka Bpk RDH Suwarno teringat amanat dr eyang Suro utk meneruskan SH, apalagi saat itu orang2 PSC yg berganti nama menjadi PSHT sering menyerbu daerah Winongo Madiun agar diakui sebagai SH.
      Maka pd tgl 15 Oktober 1965 Bpk RDH Soewarno mengumpulkan dan mempersatukan saudara2 SH yg ada serta mengaktifkan kembali kegiatan SETIA HATI. Ini juga disaksikan dan diakui serta mendapat persetujuan dr pihak SH PANTI termasuk Ibu Soerodwirjo (ibu Surijati) yg masih hidup sebagai ahli waris eyang Suro, SH PANTI mengijinkan pemakaian simbolnya pd SH Tunas Muda Winongo ini.
      Karena aktif dlm bentuk organisasi dan mendapat izin notaris, dlm SHWINONGO disisipkan kata "TUNAS MUDA", yg artinya SH yang akan bersinar kembali.
      Hal ini mendapat sambutan yg baik dr warga Madiun dan sekitarnya, para pemuda banyak yg ikut bergabung dgn SH Tunas Muda Winongo dan ikut melestarikan warisan yg ditinggalkan oleh eyang Suro. SH Winongopun semakin besar sehingga orang2 dr PSHT yg mencoba menyerbu daerah Winongo Madiun mengalami kekalahan dan kerugian yg besar. Hingga saat ini masih sering terjadi sisa2 konflik masa lalu yg semakin tdk jelas.

      Mengenai tahun 1903 tetap diakui sbg tahun berdirinya SH Tunas Muda Winongo karena itu adalah tahun berdirinya STK (cikal bakal SH) yg kemudian berganti nama menjadi SH lalu berganti lg menjadi SH Tunas Muda Winongo (SH Winongo 1903)

      Sama seperti PSC yg berubah menjadi PSH Terate tetap diakui orang2 PSHT 1922, walaupun nama Terate dipakai bukan pd tahun 1922.

      Hapus
  24. men"s sana in corpore sano.....filosofi yg slalu saya gunakan.,di tahun 2003 banyak yG mengucilkan saya dan slalu mengejek nama besar perguruan SHW.... kini ku tetep kokoh dg pelajaran yang Q dapatkan, dan kembang tepus kaki, adalah kalimat yG slalu saya jalankan,,,,insaallah halangan yang pernah saya dapatkan, ga akan pernah saya jadikan dendam, dalam hidup saya...... smoga generasi Q di tahun sekarang dan lusa, bisa lbih membesarkan dan menjaganama ashwin, di mata masyarakat luas.jangan pernah gentar bila ada yang mengucapkan sepiro gedene mbendol telu yen ruh,,,,,mesti mlayu......tunjukan kalau kalimat itu adalah kalimat manusia yang hanya sirik kepada SH WINONGO......hidup ASHWIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, sebetulnya 3 lingkaran itu menyimpan arti .....bukan cuma hiasan belaka.
      dan semoga sh terate dan sh winongo bisa saling berdampingan.
      saya memiliki banyak teman di sh terate maupun sh winongo dan kami selalu bekerja sama dalam dunia pekerjaan tanpa memandang dari mana asal perguruannya.
      salam damai sh terate dan sh winongo jayalah perguruan itu.

      Hapus
  25. Balasan
    1. Segala keselamatan,kebaikan, kemulyaan, dan keberkahan hanya milik Allah SWT. Mohonlah kepada Nya

      Hapus
  26. Lir-ilir, lir-ilir tandure wus sumilir
    Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
    Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi
    Lunyu-lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro

    Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
    Dondomono jrumatono kanggo sebo mengko sore
    Mumpung padhang rembulane mumpung jembar kalangane
    Yo surako… surak hiyo

    BalasHapus
  27. Mas mas semua...
    saya tinggal di sragen, saya pengen menjadi saudara di SH WInongo, bagaimana caranya???
    Tolong balas, email saya: li2exmartadi@yahoo.co.id
    tlng bantu saya
    terima kasih

    BalasHapus
  28. assalamuallaikum salam EKS. ap kbr sedulur SH WINONGO sedoyo?. saya warga sh winongo dr surabaya. kecer tahun 2002 . saya salut dengan ajaran sh winongo yg saya dapat wktu saya msh tgl dimadiun selain mengajar tntng silat juga mengajarkan tntng krbajikan agar selalu brtakwa kepada Tuhan YME. amar ma'ruf nahi munkar. SH WINONGO JAYA.

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum wr. wb.
    Saya warga indonesia sejati dari wonogiri yg mengamati para pendekar2,terlebih2 dr pendekar SH,entah tu sh terate ataupun sh winongo atau yg sering jg disebut STK,yg dikenal daerah saya tu biangnya kerusuhan. Di tempat saya banyak sekali anak2 yg ngakunya anak STK,tp knp kelakuannya beda jauh dr apa yg ditulis diatas,apa STK disini tu gak pernah didik...? Kalo cm satu dua atau sekumpulan orang ja tu sih wajar,tp ni semua lho,dr yg tua sampai yg muda sama aja kelakuannya,saya liat sama sekali gak da yg bener,kalo dah da "ciu" udah deh,amit2...! Jangan bilang kalo ngamalin Amar ma'ruf nahi mungkar lah,orng2nya ja gak da yg ke masjid kok. Jangankan ke masjid,orang lewat didepan masjid ja malah gleyer2 kok,gmn sih...? Dah begitu kalo diingetin malah ngajak berantem,trus kalo dihadapi ma anak2 kampung,ee...mereka malah calling sana sini,bawa orang buat ngedrop sini,ampuun deh...! Katanya gentle,tp kok sukanya keroyokan...? Saya jg pernah debat dengan salah satu yg dianggap senior STK,yg inisialnya "pak dhe D...T" katanya sesepuh SH,tp knp jg ketika saya tanya dia soal pendiri n gmn sejarah singkat organisasi dia gk bs jawab,padahal saya yg orang awam ja tau sejarah dr masing2 perguruan,entah tu sh winongo ataupun sh terate,saya tu tau walaupun hanya sedikit. Apa memang STK yg asli tu cm ada di winongo,trus kalo mang begitu,STK disini tu apa namanya,cm kumpulan orang2 bajingan..? Aduuuh,parah deh,tolong lah didik yg bener tu anak2 STK yg da di wonogiri,biar jangan suka bikin ulah,gak cm disini lah,dimana2 jg harus itu... O,iya katanya pendekar,tp kok gk bs pencak,sering saya liat orng sh terate latihan,tp sh winongo kapan latihannya,apa masuk sh winongo tu cm buat cr bolo...?
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  30. ASALAMU ALAIKUM : salam ashwin angkatan 1997,,,,, dari magetan

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum..
    salam ukwah untuk semua saudaraku ..
    Sh winnongo,sh Terate.
    Kita ini saudara,,
    Lahir dri kandungan ibu juga ..
    Ayo kitA jaga kelestarian budaya kita .
    jngn sampai dijajah oleh budaya luar negara ..
    Kita lupakan perbalahan dan perselisihan ..
    Kita sama yg berbeda adalah keyakinan .
    coba kita guna ilmu yg kita dapat ini kejalan yg baik ..pasti semua akan menjadi baik ..

    Salam persaudaraan dari saya warga
    setia hati terate ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saudara bilang kepada para saudara terate yg lain untuk tidak memusuhi para saudara'' winongo dimanapun jua,karena STK tidak pernah diajarkan memusuhi, terimakasih,,, salam

      Hapus
  32. asslamu alaikum wr.wr
    Salam persaudaraan, saya adalah warga Cahaya Buana dan juga warga setia hati terate sya ingin tanya kenapa sodara SH TunaS Muda Winongo tidak pernah ikut pertandingan ato dari sisi prestasi minim............. Sekadar info aja, desember 2013 besok di ponorogo ada kejuaraan silat antar perguruan, Piala Kapolres Ponorogo. Silahkan Sodara dari Tunas Muda Winongo ikut, Pencak Silat Untuk prestasi, agar SH Winongo lebih di kenal lagi lewat Prestasi..KAMI TUNGGU ANDA DISANA, SELAMAT BERGABUNG

    BalasHapus
  33. ASHTER & ASHWIN adalah perguruan yg mengajarkan tentang kebaikan podo'' ajaran e mbah suro "seng penting ojo jotos''an yow mas yo''

    BalasHapus
  34. ASSALAMU'ALAIKUM....
    SAYA WARGA STK TH '89....BANYAKNYA SEDULUR2 ENTAH WINONGO MAUPUN TERATE YG SERING BIKIN ONAR,MABUK2AN DLL DIKARENAKAN MRK SCR SADAR/TIDAK TLH MELANGGAR SUMPAH2 MRK SENDIRI....INGAT LUR...MEREKA SUMPAH DI HADAPAN ALLAH...SAYA PRIBADI PERNAH SPT MEREKA DAN DAMPAKNYA....BNR2 DAHSYAT KL KITA MELANGGARNYA...TP ALHAMDULILLAH...SAAT KITA MENDALAMI AJARAN SH....WOW...DAHSYAT LUR...HIDUP INI JD INDAH....TAT TWAM ASI....SALAM EKS...

    BalasHapus
  35. Saya anak asli madiun kel. Negong kecer Th. 1993 jaga nama baik SH WINONGO Dulurrrrrr
    Sekarang di Tenggarong Kukar Kaltim

    BalasHapus
  36. Totokromo ngedohake panyendono
    Ajining diri gumantung ono ing lathi
    Ajining rogo gumantung ono ing busono
    Tumindak kang jujur cinondro budi kang luhur
    Alang-alang dudu aling-aling margine kautaman
    Sopo weruh ing panuju sesat sugih pager wesi
    Katentremaning batin kuwi gumantung ing roso panarimo
    Sing iso rumongso ojo rumongso biso
    Sengsaraning rogo yen tinompo amung dadi cobo
    Eling saben narimo luhur ing pambudi
    Wani guno wani ngalah luhur wekasane
    Bondo iku titipan,nyowo iku gaduhan,pangkat iku sampiran mulyo ojo adigang adigung adiguno

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan kata-kata sopan dan tidak melanggar SARA